Senin, 15 Oktober 2018

Fungsi Tata Rias pada Tari Tradisional



Tari Klasik Gaya Yogyakarta
Pertunjukan Seni Tari tetap sama dengan usaha untuk sesuaikan peranan yang dikatakan untuk memikat beberapa penontonnya. Tidak hanya memberi kesan-kesan positif serta tingkatkan daya pukau pemirsa tata rias dapat juga memberi kemampuan lebih pada penari. Tata rias seolah dapat berikan motivasi seseorang penari untuk tampil optimal serta lebih yakin diri. Usaha-usaha untuk membuat atau melukis muka sama dengan ciri-ciri atau karakter penari menurut tari yang dibawakannya dimaksud dengan Tata Rias. Mengenai manfaat dari tata rias diantaranya ialah seperti berikut : 
Menyempurnakan Tampilan Muka 
Tata rias bisa menyempurnakan kekurangan penampilan seseorang penari. Perihal ini umumnya dikerjakan untuk penari yang tidak cocok dengan ciri-ciri atau tokoh tari yang dibawakan. Contohnya tata rias punokawan. 
Menolong Memberikan Perwatakan Atau Ciri-ciri Penari 
Tata rias berperan untuk menggambarkan watak tarian dengan merubah penampilan muka penari, tersangkut segi umur, ras, serta bentuk muka. 
Memberikan Dampak Gerak Pada Ekspresi Muka Seseorang Penari 
Perihal ini terlihat tampak jelas saat pertunjukan tari di panggung yang memakai lighting atau tata sinar yang memberi dukungan. Seseorang penari disaksikan dari jauh akan tampak wajahnya datar serta rata. Oleh karenanya diperlukan tata rias untuk tampilkan dimensi muka penari. Umumnya tata rias untuk penari dengan lighting lebih tebal daripada yang tidak memakai lighting. 
Memperjelas Garis-Garis Muka Penari Untuk Mengekspresikan Gerak Tari 
Manfaat garis Sewa Menarik pada Rental Mobil Jogja bukan hanya menyatakan, tapi ikut memberikan hingga tercipta penampilan yang berlainan dengan muka asli pemain. 
Memberikan Nilai Lebih Keindahan Karya Tari 
Tata rias tentu saja akan meningkatkan keindahan karya tari yang dipertunjukkan. Perihal ini tentu saja akan berlainan saat seseorang penari tampil tiada rias tentunya akan mempunyai nilai artistik yang kurang baik. 
Memberikan Tenaga Lebih Penari 
Tata rias biasanya dapat memberi motivasi dari dalam diri penari untuk tampilkan optimal. Perihal ini umumnya tergambar tampilan penari semakin lebih mantap serta lebih ekspresif saat telah menggunakan tata rias serta baju dibanding saat latihan biasa. 

1 komentar: