Kamis, 11 Oktober 2018

Pengertian Seni menurut Para Ahli



 Seni Menurut Para Ahli

Seni adalah salah satu unsur kebudayaan yang tumbuh dan berkembang sejajar dengan perkembangan manusia selaku penggubah dan penikmat seni. Seni memiliki nilai estetis (indah) dan estetika yang disukai oleh manusia dan mengandung ide-ide yang dinyatakan dalam bentuk aktivitas atau rupa sebagai lamban. Seni secara umum adalah sesuatu yang mengandung unsur keindahan. Nilai keindahan adalah sebuah nilai yang relatif atau perseptif, sehingga nilai keindahan setiap orang berbeda. Berikut adalah beberapa pengertian seni menurut para ahli :
a.      Bahasa Sansekerta
Kata seni berarti SANI yang artinya persembahan, pelayanan dan pemberian. Hal ini berkaitan dengan kepentingan keagamaan yaitu kepentingan sesaji/ persembahan terhadap dewa-dewa.
Seni dalam bahasa Sangsekerta disebut CILPA. CILPA sebagai kata sifat yang berarti warna. Kata jadinya SU-CILPA yang berarti melengkapi, menghias dengan warna-warna yang bagus/indah. Sedangkan CILPIN adalah tukang, termasuk didalamnya, apa yang sekarang disebut seniman, CILPA CASTRA adalah suatu buku yang berisi pedoman bagi para seniman dalam pembuatan Karya Arsitek Dunia, istilah tersebut sangat popular dalam sejarah kesenian.
b.      Ki Hajar Dewantara
Seni merupakan perbuatan manusia/ penggubah yang timbul dari perasaannya yang bersifat indah sehingga menggerakan jiwa dan perasaan manusia. 
c.       Aristoteles
Peniruan bentuk alam dengan kreatifitas dan ide penggubahnya agar lebih indah.
d.      Thomas Munro
                          Seni adalah perbuatan manusia untuk menimbulkan efek psikologis atas manusia lain yang  menerima/ melihatnya.

1 komentar:

  1. Yuk Mainkan Poker online dengan server terbaru..
    Di jamin sportif tanpa ada robot.
    Di sini kami memperkenalkan kepada anda produk P2PLAY.
    Tersedia Bonus New Member yang Menarik Setiap Deposit.
    Banyak permainan yang tersedia di dalam 1 ID.
    Penasaran ingin mencoba nya ?
    Yuk bergabung bersama kami di Agen Poker Online.

    BalasHapus