Senin, 29 Oktober 2018

Tari berdasarkan Koreografi dan Isinya

 Tari berdasarkan Koreografinya

Tari menurut koreografinya dari sederetan Rental Sewa Mobil Termurah dapat dibagi menjadi tiga yaitu tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok.
·           Tari tunggal ( Solo), Tari tunggal adalah tari yang diperagakan oleh seorang penari, baik laki-laki maupun perempuan.
Contoh:Tari Golek, Tari Gathutkoco Gandrung, Tari Topeng Gegeran, Tari Klana Topeng, dsb.
·           Tari berpasangan ( duet/pas de duex), Tari berpasangan adalah tari yang diperagakan oleh dua orang secara berpasangan, bisa pasangan laki-laki dan perempuan, laki-laki dan laki-laki, serta perempuan dan perempuan.
Contoh:Tari Karonsih, Tari Bambangan Cakil, Tari Srikandi Mustakaweni, dsb.
·           Tari kelompok ( Group choreography), Tari kelompok yaitu tari yang diperagakan lebih dari dua orang atau sering disebut kelompok.
Contoh: tari bedhaya, tari kebyar, tariserimpi, dsb.

Tari berdasarkan Sifat/ Isinya

·           Tari Lirik yaitu tari yang menceritakan ungkapan kekuasaan manusia dalam dirinya.
Contoh: Tari Golek (melukiskan gadis remaja yang sedang bersolek), Tari Mandau (mengekspresikan kedewasaan), Tari Bondan (menceritakan kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya).

·           Tari Epik adalah tari dengan memuja nilai luhur di luardiri manusia itu sendiri.
Contoh: Tari Pendet (merupakan pemujaan kepada para dewa, Tari Hudok (merupakan penampilan dari roh nenek moyang, Tari Kelana Raja (melukiskan keagungan seorang raja).

·           Tari Dramatik yaitu tari yang mampu mendramatisasikan sifat lirik menjadi epik, atau lebih mudahnya adalah tari yang mempunyai alur cerita. Biasanya tari ini disajikan secara berkelompok karena ada penokohan.
Contoh: Sendratari Ramayana, Langendriyan, Langen Mandra Wanara.

0 komentar:

Posting Komentar